PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PADA HAPPY SALON KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
YUSUF MEIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0430
Abstract
ABSTRAK
YUSUF MEIYANTO: Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada Happy Salon Kota Kediri Tahun 2017, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2017.
Kata kunci : harga, kualitas produk, kelompok referensi, dan keputusan pembelian.
Persaingan dalam dunia usaha sangatlah ketat terutama dalam perusahaan jasa, dengan demikian pengusaha harus memiliki strategi yang kuat untuk bertahan dan mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan demikian perusahaan perlu meningkatkan harga, kualitas produk, serta kelompok referensi untuk meningkatkan keputusan pembelian
Adapun permasalahan yang di hadapi dalam usaha salon ini yaitu keputusan pembelian jasa yang rendah yang diakibatkan olehharga yang kurang sesuai, kualitas produk yang kurang inovatif, dan kelompok referensi yang kurang luas..
Variabel dalam penelitian ini adalah harga (X1), kualitas produk (X2), kelompok referensi (X3) dan keputusan pembelian (Y). Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS.
Hasil pengujian menunjukkan variabel harga, kualitas produk, dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa di Happy Salon secara parsial maupun simultan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk pengusaha jasa Happy Salon dalam meningkatkan keputusan pembelian lebih menitik beratkan pada harga, kualitas produk, dan kelompok referensi. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh pelanggan tersebut diperoleh data bahwa keputusan pembelian dapat ditingkatkan melalui harga, kualitas produk, dan kelompok referensi.