Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kediri Tahun 2016.
Author (Penulis)
DEWI RATNA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0426
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena PT.Telkom yang masih
membutuhkan perbaikan untuk memberikan pelayanan yang prima. Hal ini terbukti masih
banyaknya komplein yang diterima oleh PT. Telkom. Lambatnya dalam mengatasi gangguan
serta tidak cepatnya pelayanan yang diberikan yang menjadi salah satu faktor komplein
tersebut yang menjadikan para pelanggan tidak terpuaskan.Membuat pelanggan menjadi setia
atau loyal bukanlah perkara yang mudah. Dengan demikian loyalitas dapat terus
dipertahankan apabila pihak penyedia jasa terus berusaha untuk memberikan kualitas
pelayanan yang lebih baik kepada pelanggannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik kausalitas dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan jasa
telekomunikasi PT. Telkom Kediri yaitu sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner dan observasi langsung ditempat. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji T
dan uji F.
Permasalahan Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakahkualitas layanan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan? (2) Apakah citra perusahaan berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan? (3) Apakah kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan? (4) Apakah kualitas layanan, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan?
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kualitas layanan secara parsial berpengaruh
secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, citra perusahaan secara parsial berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan. (2) kualitas layanan, citra perusahaan, kepuasan pelanggan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.