PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA BUGENVIL
Author (Penulis)
ANGGA AKHSANU TAQWIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0417
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan industri properti ditanah air yang semakin meningkat dan mendongkrak kinerja pasar tanaman hias. Seiring bertambahnya perumahan, apartemen, hotel dan juga perkantoran, membuat bisnis tanaman hias semakin menjanjikan. Salah satunya penjualan tanaman bunga bugenvil di desa Rembangkepuh.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X1), harga (X2), kualitas pelayanan (X3) dan keputusan pembelian (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian bunga bugenvi secara parsial dan simultan.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang merupakan konsumen bunga bugenvil. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi, linier berganda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F) dengan taraf signifikan sebesar 5% menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 23.
Berdasarkan hasil penelitian ini Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
KATA KUNCI : kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian.