PENGARUH MERCHANDISING, ATMOSFER TOKO DAN DISPLAY TERHADAP KEPTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BERO GONDANG TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SEPTINA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0409

Abstract

Pertumbuhan bisnis ritel modern yang semakin meningkat yang berdampak pada pergeseran pola belanja masyarakat, masyarakat lebih memilih belanja di ritel modern dari pada di ritel tradisional sebagai salah satu pengusaha ritel tradisional, Toko Bero Gondang Tulungagung harus memiliki keunggulan dalam bersaing agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan ritel modern.Strategi penjualan yaitu melalui merchandising, atmosfer toko dan display. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merchandising, atmosfer toko dan display terhadap keputusan pembelian di Toko Bero Gondang Tulungagung. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal research atau riset kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Bero Gondang Tulungagung. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sejumlah 80. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) secara hasil uji parsial,variabelmerchandising 0,000< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, atmosfer toko 0,004< 0,05yang artinya H0 ditolak dan H2 diterima dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan display0,022< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H3 diterima dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan, variabel merchandising, atmosfer toko, dan display0,000< 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H4 diterima maka variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang dilakukan pada Toko Bero Gondang Tulungagung diharapkan untuk meningkatkan kegiatan pengelolaan barang dagangan (merchandising) agar dapat memenuhi selera, keinginan agar konsumen memutuskan berbelanja di Toko Bero, sehingga tujuan toko dapat dicapai dan semakin berkembang kedepannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI