Manajemen pemasaran analisis swot berhubungan dengan 7P sebagai strategi bisnis pada lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris
Author (Penulis)
ENDI DEDI SUKARDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0408
Abstract
Analisis SWOT adalah suatu metode analisis untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan
perusahaan baik dari internal atau eksternal perusahaan analisis internal dilakukan untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan perusahaan. Produk merupakan bentuk keseluruhan obyek atau proses yang
memberikan sejumlah nilai kepada konsumen. Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh
konsumen untuk mendapatkan pelayanan jasa. Promosi adalah suatu bentuk komunikasi yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen promosi bisa dilakukan melalui
advertising, personal selling, sales promotion.People sangat berpengaruh terhadap perusahaan karena
ketika kualitas sdm perusahaan baik maka konsumen akan puas dengan layanan yang diberikan oleh
perusahaan untuk memperbaiki atau meningkatkan sdm maka perusahaan bisa melakukan motivasi,
reward, dan pelatihan. Lokasi merupakan tempat konsumen bisa merasakan atau menikmati dari
penyedia layanan jasa. Pelayanan pelanggan adalah layanan atau customer service yang diberikan oleh
karyawan terhadap konsumen membantu pelanggan dalam mendapatkan informasi dari perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bentuk strategi bisnis analisis SWOT
manaejemen pemasaran berkaitan dengan 7P. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 1 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tarif biaya murah sehingga banyak peminat untuk
belajar di lembaga bimbingan belajar Bahasa Inggris “AGNES”. 2) Promosi melalui media cetak
benner, brosur, dan dari mulut ke mulut. 3) Lokasi strategis sehingga para peserta didik mudah untuk
datang ke lembaga. 4) Pelayanan di lembaga bimbingan belajar Bahasa Inggris cukup bagus sehingga
membuat nyaman para peserta didik. 5) Dengan adanya metode analisis SWOT lembaga bimbingan
belajar “AGNES” bisa memanfaatkan kelebihan-kelebihan di lembaga tersebut dan mengantisipasi
ancaman yang datang dari pesaing.
KATA KUNCI :Analisis SWOT, 7P, Strategi Bisnis