PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SIMCARD TELKOMSEL DI KEDIRI


Author (Penulis)

FRANSISKA AGUSTIN KUSUMA WARDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0406

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya perusahaan untuk meningkatkan keputusan pembelian bagi para konsumen dengan cara meningkatkan kualitas produk, citra merek, dan harga yang memadai, dengan itu para konsumen akan merasa puas dan kembali datang untuk membeli produk tersebut. Simcard Telkomsel merupakan kartu dengan jaringan terstabil, akan tetapi dengan harga yang terbilang mahal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian simcard Telkomsel di Kediri? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian simcard Telkomsel Kediri? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian simcard Telkomsel di Kediri? (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, citra merek, dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian simcard Telkomsel di Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian Simcard Telkomsel di GraPARI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, instrumen penelitian menggunakan angket/kuisioner sebagai sumber data. Penelitian ini dilakukan di GraPARI Telkomsel Kediri. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel melalui pendekatan non-probablity dengan teknik isidental sampling, yaitu penentuan secara kebetulan siapa saja yang cocok dijadikan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan seperti uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 23.0. Dari hasil pengujian ditentukan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2,278 + 0,216 X1 +0,664 X2+0,565 X3 + ? Kesimpulan hasil ini penelitian adalah (1) Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Citra Merek berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Simcard Telkomsel di GraPARI Kediri. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada perusahaan agar lebih meningkatkan lagi kualitas dari produk juga memberikan harga yang sesuai dengan keinginan konsumen agar cita merek yang ada lebih baik lagi. Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI