PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BELGA SWALAYAN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ELLA SEVY ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0405

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa semakin ketatnya persaingan bisnis yang ada, terutama persaingan yang berasal dari perusahaan sejenis membuat perusahaan semakin dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen. Sehingga perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeliannya dalam usaha-usaha pemasaran yang dilakukannya agar perusahaan mampu memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara harga, lokasi dan atmosfer toko terhadap keputusan pembelian di Belga Swalayan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian causal research (riset kausal). Dalam penelitian ini populasinya adalah semua konsumen yang pada waktu penelitian telah membeli produk di Belga Swalayan Tulungagung dengan sampel sebanyak 96 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for Windows versi 23. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Belga Swalayan Tulungagung, dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3,133 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. (2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Belga Swalayan Tulungagung, dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,960 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. (3) Atmosfer toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Belga Swalayan Tulungagung, dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,983 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. (4) Harga, Lokasi dan Atmosfer Toko berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian di Belga Swalayan Tulungagung, hal ini dibuktikan dengan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 19,576 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dikatakan berpengaruh signifikan karena dari hasil penelitian ini memiliki tingkat signifikansi yaitu kurang dari 0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI