PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO BANGUNAN TELUR ABADI KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
DANANG AGUS RIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0391
Abstract
Persaingan dalam dunia perdagangan yang sangat ketat mengharuskan pelaku usaha untuk memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan baik dalam kua litas produk, kua litas pelayanan dan harga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap Keepuasan Konsumen Pada Toko Bangunan Telur Abadi Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.
Variabel yang digunakan yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen. Populasi dalam pene litian ini adalah seluruh konsumen Toko banguanan Telur Abadi Kabupaten Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan da lam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuis ioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21for windowsyang menunjukkan hasil valid dan reliabel.
Teknik analisis yang digunakan adalah analis is regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produksecara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai s ignifikan 0,000, kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nila i signifikan 0,045, dan variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nila i signifikan 0,033. Secara simultan variabel kualitas produk, kua litas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikan 0,000.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar penganbilan keputusan dalam meningkatkan kepuasan konsumen.
KATA KUNCI: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen.