PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN IM3


Author (Penulis)

DESI AMBAR AYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0385

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pada pelanggan.Karena perusahaan memproduksi kartu GSM IM3 dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan berkomunikasi para konsumennya, agar pelanggan tetap setia menggunakan kartu GSM IM3.Mengingatkartu GSM IM3 bukan satu satunya kartu GSM dari hasil pengamatan dan pengalaman penulis, bahwa ada beberapa permasalahan dalam kualitas pelayanan, Promosi, dan citra merek yang menarik untuk diteliti serta dapat dibandingkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3?(2) Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3? (3) Apakah citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3? (4) Apakah kualitas pelayanan, promosi, dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3, (2) Pengaruh signifikan promosi terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3, (3) Pengaruh signifikan citra merek terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3, (4) Pengaruh signifikan kualitas pelayanan, promosi, citra merek secara simultan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode menyebarkan lembar kuesioner yang diukur menggunakan skala likert.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive sampling Data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3 (2) Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3 (3) Citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3 (4) Kualitas pelayanan, promosi, dan citra merek berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan kartu GSM IM3. KATA KUNCI :Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI