ANALISIS LOKASI, ATMOSFER TOKO, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA ALFAMART JL. AHMAD YANI NO. 41, PELEM, KERTOSONO)


Author (Penulis)

SITI FATIMATUZ ZAHRO'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0378

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa bisnis ritel semakin tahun persaingannya semakin ketat. Akibatnya, pemilik toko harus dapat mempertahankan loyalitas pelanggannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan antara variabel lokasi (X1), atmosfer toko (X2), dan kualitas pelayanan (X3) terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart Jl. Ahmad Yani No. 41 Pelem Kertosono). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di isi oleh responden yang pernah berbelanja minimal dua kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil uji asumsi klasik menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y= 1,536+0,393X1+0,247X2+0,151X3. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen, angka Adjusted R Square sebesar 0,625 menunjukkan bahwa 62,5 persen variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 37,5 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) variabel lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (2) variabel atmosfer toko berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (3) variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (4) variabel lokasi, atmosfer toko dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci : lokasi, atmosfer toko, kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI