ANALISIS PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB) SMK AL-HUDA KOTA KEDIRI DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM)


Author (Penulis)

ENDRA MEI KURNIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0377

Abstract

ANALISIS PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU(RKB) SMK AL-HUDA KOTA KEDIRI DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD(CPM) Endra Mei Kurnianto 13.1.02.02.0377 Ekonomi - Manajemen indrameik@gmail.com Dr. Lilia Pascha Riani., M. Sc. dan Diah Ayu Septi Fauji., M.M. UN PGRI KEDIRI ABSTRAK Tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya menjadikan SMK Al-Huda menjadi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang diminati oleh para orang tua murid, namun kurangnya daya tampung sekolah akan jumlah siswa menyebabkan sekolah membatasi jumlah penerimaan siswa yang ingin mendaftar. Maka dalam upaya mendukung tercapainya tujuan Pendidikan Menengah Universal (PMU) untuk meningkatkan pendidikan program kejuruan, maka pemerintah mengalokasikan bantuan pembangunan RKB yang bertujuan untuk meningkatkan daya tampung sekolah sehingga dapat menerima banyak murid dan juga proses belajar dan mengajar Tahun 2017-2018 dapat berjalan lebih optimal. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana urutan penjadwalan pada proyek RKB SMK AL-Huda Kota Kediri dapat berjalan dengan baik, apakah ada aktivitas kritis dalam pengerjaan proyek RKB dan apa saja aktivitas yang bisa dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Metode CPM (Critical Path Method) adalah teknik yang digunakan untuk merencanakan dan mengkoordinasikan proyek-proyek skala besar. Menurut Heizer dan Render (2012 : 93) metode jalur kritis dikembangkan pada tahun 1950 untuk membantu manajer melakukan penjadwalan, pemantauan, serta pengendalian proyek-proyek besar dan kompleks. Metode Critical Path Method (CPM) pada proyek pembangunan ruang kelas baru (RKB) SMK Al-Huda Kota Kediri diperoleh 117 hari waktu penyelelesaian pekerjaan proyek, dengan selisih 9 hari dari waktu sebelumnya yang dapat mamakan waktu 126 hari dan anggaran dana sebelum menerapkan CPM adalah sebesar Rp. 725.324.500,- Menjadi Rp. 713.849.500,-/setelah menggunakan CPM. Proyek pembangunan Ruang kelas baru SMK Al-Huda sudah mempunyai atau jadwal pembangunan, namun seharusnya proyek tersebut menggunakan metode CPM (Critical Path Method) supaya penjadwalan proyek dapat berjalan dengan lancar, waktu yang dihasilkan pun bisa menjadi efektif, menekan biaya pengeluaraan dana yang berlebih dan proses pengerjaan proyek bisa tepat waktu bahkan bisa lebih cepat lagi. penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan atau referensi untuk peneliti selanjutnya supaya bisa menjadi yang lebih baik dan bisa untuk melengkapi ilmu di bidang operasional terutama pada bab proyek khususnya metode CPM (Critical Path Method). KATA KUNCI : Proyek RKB, Penjadwalan waktu, Metode CPM

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI