PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SELULER TELKOMSEL DI KOTA KEDIRI (STUDI PADA GRAPARI TELKOMSEL KEDIRI)


Author (Penulis)

FADILLATUL ILMIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0369

Abstract

Abstrak Fadillatul Ilmiyah: Pengaruh Atribut Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Operator Seluler Telkomsel di Grapari Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Atribut, harga, promosi, dan keputusan pembelian Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya perusahaan untuk meningkatkan keputusan pembelian bagi para konsumen dengan cara meningkatkan atribut produk, harga, dan promosi yang memadai, dengan itu para konsumen akan merasa puas dan kembali datang untuk membeli produk tersebut. Kartu Telkomsel merupakan kartu dengan jaringan terstabil, akan tetapi dengan harga yang terbilang mahal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan atribut produk terhadap keputusan pembelian kartu seluler Telkomsel Di Kota Kediri? (2) Adakah pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler Telkomsel Di Kota Kediri? (3) Adakah pengaruh yang signifikan promosi terhadap keputusan pembelian kartu seluler Telkomsel Di Kota Kediri? (4) Adakah pengaruh yang signifikan atribut produk, harga, dan terhadap keputusan pembelian kartu seluler Telkomsel Di Kota Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian operator seluler telkomsel di grapari Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, instrumen penelitian menggunakan angket/kuisioner sebagai sumber data. Penelitian ini dilakukan di Grapari Telkomsel Kediri. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel melalui pendekatan non-probablity dengan teknik isidental sampling, yaitu penentuan secara kebetulan siapa saja yang cocok dijadikan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan seperti uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 23.0. Dari hasil pengujian ditentukan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2,278 + 0,216X1 + 0,664X2 + 0,565X3 Kesimpulan hasil ini penelitian adalah (1) atribut berpengaruh secara terhadap keputusan pembelian, (2) harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) atribut, harga, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian operator seluler telkomsel di grapari Kediri. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada perusahaan agar lebih meningkatkan lagi promosi dari produk juga memberikan harga yang sesuai dengan keinginan konsumen agar atribut yang ada lebih baik lagi. .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI