Determinan Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA, TBK (Studi Pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri)


Author (Penulis)

RETNO WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0354

Abstract


Saat ini Pertumbuhan Retail di Indonesia Khususnya Minimarket menunjukan angka yang cukup signifikan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang meningkat. Dan perkembangan zaman Khususnya di Indonesia semakin modern. Hal ini terlihat jelas dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang dahulu berbelanja di pasar tradisional kini mulai bergeser pada pasar modern seperti minimarket. Perilaku konsumen tersebut merupakan salah satau faktor yang dapat memicu Lahirnya Retail dan berkembangnya bisnis Retail Moderm Salah satu Minimarket yang terkemuka di Indonesia adalah Alfamart salah satu nya yakni Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri. 
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri. (2) Pengaruh yang signifikan antara Promosi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri. (3) Pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri (4) Pengaruh harga, promosi, dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian kausalitas. Jumlah sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 40 Responden dan menggunakan teknik accidental sampling dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan dibantu dengan bantuan software SPSS For windows versi 23.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian Pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri (2) Terdapat pengaruh yang signifikan promosi terhadap keputusan pembelian Pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian Pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri (4) Terdapat pengaruh yang signifikan harga, promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian Pada Alfamart Jalan Agus Salim M170 Kota Kediri.


Kata Kunci : Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan


Keyword

a

Reference

Buchari, Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Daryanto, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Guntur Effendi M. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran Membangun Citra Negara. Jakarta: Sagung Seto

Ghozali,Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Kasmir. 2011. Etika Costumer Service. Edisi ke 1-4. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset

Monintja, Mandey, Soegoto. 2015 Analisis Merek, Promosi, dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Galael Swalayan Manado. Jurnal EMBA, (Online), Vol 3 No 2. Tersedia . https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/10879/10467Diunduh 10, Maret 2018.

Olson , 2013. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Salemba Empat.

 , 2014 Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Salemba Empat.

Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rahmayanty. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Edisi Pertama. Yogyakarta:Graha Ilmu

Sunyoto. 2014. Dasar-dasar Manaajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta:Cv Andi Offset.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung. Alfabeta.

Utami. 2010. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta:Salemba Empat

Tjiptono. Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia

 

 

Utomo, Trisnowati. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Alfamart Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Penelitian, (Online), Vol 15 No. 02. Tersedia.http://portal.ejurnal.net/index.php/Smooting/article/download/1815/1693, Diunduh 10, Maret 2018.

 

Wanda, 2015. Pengaruh Harga dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Mini Market Lulu Mart Samarinda. Jurnal Ilmu Asministrasi Bisnis, (Online), Vol  3 No. 4. Tersedia

 


PUBLISHED

2018-08-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI