ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SWALAYAN FINDA MART KABUPATEN KEDIRI PERIODE 2017-2018


Author (Penulis)

M. HERI WIBOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0352

Abstract

MUHAMAD HERI WIBOWO : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan pada Swalayan Finda Mart Kabupaten Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2017 . Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen dan Loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kualitas konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Swalayan Finda Mart. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Swalayan Finda Mart Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. dimana sampel digunakan apabila memenuhi kriteria. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan uji t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan. Sedangkan secara simultan variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat swalayan Finda Mart lebih meningkatkan kualitas pelayanannya melalui penambahan kasir dan kualitas produknya melalui penambahan varian ukuran produk yang berdampak pada kepuasan konsumen yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI