ANALISIS FAKTOR PROGRAM PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BEDAK MARCKS’ DI APOTEK KIMIA FARMA 281 PARE


Author (Penulis)

EKA SRI HARTATIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0348

Abstract

ABSTRAK

EKA SRI HARTATIK: Analisis Faktor Program Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks’ di Apotek Kimia Farma 281 Pare, Skripsi, FE UN PGRI 2018.

Kata kunci :Program Promosi, Harga, Kualitas Produk,KeputusanPembelian

Seiring dengan meningkatnya perkembangan produk yang kreatif dan inovatif mengakibatkan terjadinya persaingan yang kompetitif diantara produsen bedak. Bedak Marcks’ merupakan bedak tabur yang diproduksi oleh PT. Kimia Farma Tbk. Program promosi dan harga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, selain itu kualitas produk juga mempengaruhi keputusan pembelian.

Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang pengaruh program promosi, harga dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelianBedak Marcks’ di Apotek Kimia Farma 281 Pare. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 100 responden yakni konsumen yang menggunakan Bedak Marcks’. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan sofware SPSS for windows 23.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) promosi, harga dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan positif terhadap keputusan pembelian Bedak Marcks’ di Apotek Kimia Farma 281 Pare, (2) promosi, harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Bedak Marcks’ di Apotek Kimia Farma 281 Pare. Adapun implikasi teoritis yaitu menjadi referensi dan masukan yang bermanfaat bagi produsen Bedak Marcks’ untuk meningkatkan promosi, serta menjaga harga agar stabil dan tetap menjaga kualitas produk yang baik. Dengan begitu konsumen akan merasa puas, dan secara tidak langsung akan terjadinya loyalitas konsumen.

Saran bagi perusahaan diharapkan pihak produsen Bedak Marcks’ dapat meningkatkan program promosi, menstabilkan harga, dan meningkatkan kualitas produk. Untuk itu diharapkan agar produsen tetap meningkatkan promosi, menstabilkan harga serta menjaga kualitas produk agar konsumen puas dan tetap loyalitas kepada produknya.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Adisaputro. Gunawan. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. UPP STIM YKPN.

Arikunto, suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Ghozali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Delapan. Yogyakarta: Badan Penerbit BPFE.

Indah, S.M. Dan Monika, T. 2013.Pengaruh Kualitas Produk, Citra merek, dan Harga Terhadap keputusan Pembelian POND’S FLAWLESS WHITE, Jurnal Manajemen Vol 1No 3. UN. Surabaya, diunduh 10 Oktober 2016.

Kotler Philip dan Kevin, LK. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga BelasJilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Kevin, LK. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2008.  Prinsip-prinsip Pemasaran. .Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2010.  Manajemen Pemasaran. . Edisi Ketiga Belas. Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.

Limakrisna Nanda dan Purba, PP. 2017. Edisi dua. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Rinda, R. Dkk. 2014. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Montor Honda BEAT. Jurnal Manajemen pemasaran, (online). Tersedia :http://ejournal.unpan.ac.id/index.php/emba/article/view/7117. Semarang, diunduh 10 Oktober 2016.

Sari, A. Fathoni, A dan Hasiholan, L. 2014. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lemari Es Merel LG di PT Global Elektronik Banyumanik Semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran, (online): 1-8. Tersedia: http://jurnal.unpad.ac.id/index.php.MS/article/download/177. Diunduh: 10 Oktober 2016.

Sudaryono. 2016. Manajemen pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta : Andi Offset.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta..

Tjiptono Fandy dan Diana A. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Edisi satu. Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta : Andi Offset.

Tohari, A. Bahan Ajar Praktikum SPSS 21.0. 2015. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.


PUBLISHED

2018-08-29

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI