ANALISIS SWOT TAHUN 2017 SEBAGAI PERTIMBANGAN MENETAPKAN STRATEGI TAHUN 2018-2020 PADA PT. ASFIYAK GRAHA MEDIKA


Author (Penulis)

DAULIKA NUR ASIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0339

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa setiap perusahaan harus dapat membuat strategi yang tepat dan dapat membuat suatu perencanaan untuk bersaing di masa sekarang dan akan datang. PT. Asfiyak Graha Medika adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan data pasien 10 bulan trakhir mengalami penurunan, walaupun mengalami kenaikan namun kenaikan ini hanya sedikit dan kemudian menurun kembali. Kuat dugaan hal ini dikarenakan kinerja klinik ini kurang baik. Fokus penelitian ini mengidentifikasi masalah (1) Apakah kelemahan PT. Asfiyak Graha Medika masih bisa diperbaiki, dan kelemahan apa saja yang perlu diperbaiki? (2) Bagaimana mengembangkan peluang yang dimiliki PT. Asfiyak Graha Medika untuk memperbaiki dalam rangka menanggulangi pesaing? (3) Kekuatan apa yang masih dimiliki PT. Asfiyak Graha Medika yang mampu memenangkan persaingan dan meraih keunggulan? (4) Ancaman apa yang mungkin muncul dan menjadi hambatan PT. Asfiyak Graha Medika saat ini? (5) Apakah hasil analisis SWOT Tahun 2017 dapat digunakan sebagai pertimbangan menetapkan strategi tahun 2018-2020 pada PT. Asfiyak Graha Medika? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknis analisis interaktif mengikuti konsep Miles and Huberman. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Analisis SWOT dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menetapkan strategi tahun 2018-2020 pada PT. Asfiyak Graha Medika. Dari analisis pembobotan, rating dan skor IFAS dan EFAS diperoleh jumlah skor pada faktor kekuatan (S) 2,10, faktor kelemahan (W) 0,80, faktor kesempatan (O) 1,60 dan faktor ancaman (T) yaitu 0,65. Selisih antara IFAS dan EFAS diperoleh posisi PT. Asfiyak Graha Medika pada kuadran 1 yaitu posisi agresif. Pemilik perusahaan memilih alternatif strategi pengembangan pasar dengan membuka klinik baru di Kecamatan Badas dan Puncu.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI