Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Pelayanan,dan Atmosfer Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Desa Kepatihan Tulungagung


Author (Penulis)

DELLA OCTAVIA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0320

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, dan Atmosfer Toko terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamat. Dimana variabel Independen yaitu Kualitas Produk, Pelayanan, Atmosfer mempengaruhi Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan di Alfamart Desa Kepatihan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik penelitian data probability sampling kemudian menggunakan metode Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli pada Alfamart dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dengan teknik probability sampling yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisisn regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesis t. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, pelayanan dan atmosfer berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Variabel-variabel kualitas produk, pelayanan, dan atmosfer memiliki pengaruh parsial terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dari uji t signifikan terhadap setiap variabel. Kesimpulan dari kepuasan ini adalah kualitas produk dan pelayanan berpengaruh secara signifikan , sedangkan atmosfer toko berpengaruh namun tidak sevara signifikan. Urutan secara individual dari masing- masing variabel yang saling berpengaruh adalah variabel kualitas produk sebesar 0,370 pelayanan sebesar 0.326 sedangkan variabel yang paling terendah adalah sebesar 0.103. Hal ini berarti bahwa kualitas produk, pelayanan, dan atmosfer meningkat maka akan meningkatkan kepuasan konsumen yang dapat dialakukan dengan cara menjaga kualitias poduk, mengedepankan pelayanan, dan membuat atmosfer toko menarik dan nyaman Kata kunci : Kualitas produk, Pelayanan, Atmosfer toko, dan Kepuasan Konsumen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI