PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR PADA SHOWROOM FARICHA DESA SEMEN KEDIRI


Author (Penulis)

NANANG KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0319

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa tingginya persaingan antar perusahaan mengharuskan setiap perusahaan untuk terus berinovasi dan kreatif dalam menyusun strategi pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh kelengkapan produk, kualitas pelayanan, dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian motor pada Showroom Faricha Desa Semen Kediri (2) Pengaruh kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian motor pada Showroom Faricha Desa Semen Kediri.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 40 responden. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 40 responden. Metode pengambilaan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasis itu.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 23.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) kelengkapan produk, kualitas pelayanan, dan promosi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian motor pada Showroom Faricha Desa Semen Kediri.(2) kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor pada Showroom Faricha Desa Semen Kediri.


Keyword

Kelengkapan produk, kualitas pelayanan, promosi, keputusan pembelian

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Amrullah, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia ZA. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pem-belian Sepeda Motor Honda (online) tersedia : http://journal.feb.unmul.ac.id, diunduh : 25 Mei 2017

Arikunto. 2010. Prosedur Pe-nelitian. Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta

Darmadi, Didik. 2013. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pt. Astra Internasional Tbk-Tso Cabang Soetoyo Malang) (online) tersedia : http://www.download.portalganda.org, diunduh : 25 Mei 2017

Fandy,Tjiptono.2005. Pemasaran Jasa. Malang. Bayumedia Publishing.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung. CV Yrama Widya.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kosasih, SE., MM., Dadan Ahmad Fadili, SE., MM., Nurul Fadilah, SE. 2013. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Dealer Arista Johar(online) tersedia : www.feunsika.ac.id/Jurnal.../KOSASIH-DADAN-10-02-2013-8.pdf, diunduh : 27 Mei 2017

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. PT. Prehanlindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pema-saran 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Listyawati, Indri Hastuti. 2017. Pengaruh lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Beli Konsumen di Pamella Empat Yogyakarta. (online) tersedia:http://www.jurnal.amaypk.ac.id, diunduh : 20 Mei 2018

Lupiyoadi. Rambat dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pema-saran Jasa. Edisi Kedua. Penerbit Salemba Emapat. Jakarta.

Nur Achidah, M Mukery Warso, Leonardo Budi Hasiolan. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT”. Skripsi. Universitas Pandanaran Semarang (online) tersedia : http://www.jurnal.unpand.ac.id, diunduh : 18 April 2017

Pramana, Pryas Aji. 2012. Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter All Variant Pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Soegiyopranoto Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro (online) tersedia : http://www.download.portalgaruda.org, diunduh : 18 April 2017

Puji Isyanto,Bambang Aria Budi. 2015. Pengaruh Bauran Promosi Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha New Vixion Di PD Ramarayo Karawang (online) tersedia : http://www.feunsika.ac.id, diunduh : 11 April 2017

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta. Salemba Empat

Ryatnasih, Rachmat.2013. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unsika (online) tersedia : http://www.feunsika.ac.id, diunduh : 09 April 2017

Sari, Anisa Kurnia. 2013. Pengaruh Citra Merek Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. (online) tersedia : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/1513, diunduh 11 April 2017

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen.Edisi 7. Jakarta. Indeks

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Surya Kencana.

Siow, Natalia. 2013. Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu150 Di Kota Manado (online) tersedia : https://ejournal.unsrat.ac.id, diunduh : 25 Mei 2017

Sugiyono, 2015. Penelitian Metodologi Pendidikan. Cetakan Kedua. Jakarta. Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta. Penerbit Bayumedia Publising.

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran edisi 2. Bogor. Ghalia Indonesia.

Utami, Christina Widya. 2008. Manajemen Ritel-Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Cetakan Kedua. Jakarta. Salemba Empat

Widodo, Tri. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (studi Kasus Pada Swalayan Ada Baru di Kota Salatiga). (online) tersediac: http://jurnal.stieama.ac.id. Diunduh 26 Mei 2018

Widodo, Tri Sugeng Wahyu. 2015. Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Aries Putra Gading Prambon Nganjuk Tahun 2014. Kediri. Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kedri.

Yusup, Muhammad. 2011. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Di-ponegoro Semarang). (online) tersedia : http://eprints.undip.ac.id/29032/1/Skripsi021.pdf, diunduh 25 Mei 2017

Rahadiansyah. 2017. (Online) tersedia:https://detik.com/otomotif, diunduh : 11 April 2017


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade