PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BERKAH MANDIRI SWALAYAN MOJO KEDIRI


Author (Penulis)

M.YAYAN WAHYU PERMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0317

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada loyalitas pelanggan Berkah Mandiri Swalayan belum maksimal. Keragaman produk belum maksimal dikarenakan belum memenuhi syarat kondisi fisik yang belum terpenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, Kualitas pelayanan juga belum maksimal dikarenakan belum terciptanya pelayanan yang maksimal. Lokasi sudah maksimal tetapi kurang pengarahan arah untuk menuju tempat pembelanjaan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) Pengaruh keragaman produk terhadap loyalitas pelanggan pada Berkah Mandiri Swalayan Mojo Kediri (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Berkah Mandiri Swalayan Mojo Kediri (3) Pengaruh lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada Berkah Mandiri Swalayan Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode sampel (judgement sampling) yaitu sampel yang diambil sesuai dengan kondisi subjek di lokasi penelitian. Sampel yang akan dipilih oleh penulis sebagai sumber data yang dibutuhkan untuk penelitian ini adalah para pelanggan di berkah mandiri swalayan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil uji t 2,608. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil uji t 4,239. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil uji t 2,094. Keragaman produk, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terbukti dengan hasil uji yang menyatakan nilai F hitung > Ftabel yaitu 77,805 > 4.171 berarti semakin meningkat produk-produk yang bermacam-macam terhadap pengaruh keragaman produk, Kualitas pelayanan dan Lokasi secara simultan maka semakin baik loyalitas pelanggan. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian disarankan bagi pelanggan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, apabila kebutuhan dan keinginan dapat tercapai maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan baik dan maksimal. Dan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menkaji lebih dalam variabel lain selain keragaman produk, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI