Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Karakteristik Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan Tahun 2013
Author (Penulis)
NYANDI SUKMANINGTIYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0316
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengguna smartphone semakin bertambah banyak dari tahun ke tahun. Hal ini diikuti pula oleh pengguna internet yang semakin tahun semakin meningkat banyak juga. Mengingat potensi pasar telekomunikasi tinggi, maka pengusaha smartphone juga berusaha supaya diminati konsumen. Para produsen berlomba menyajikan alat komunikasi dengan sajian fitur-fitur yang canggih. Baru ini muncul salah satu smartphone canggih merek Xiaomi yang merupakan smartphone startup dari Cina yang baru dirilis tahun 2010. Meskipun umurnya baru beberapa tahun tetapi sudah dapat disandingkan dengan smartphone pendahulunya yang lebih dikenal luas terlebih dahulu
Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) menganalisis harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013 (2) menganalisis kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013 (3) menganalisis karakteristik produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013 (4) menganalisis harga, kualitas produk dan karakteristik produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kausal. Alat analisis yang digunakan Uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013 (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013 (3) Karakteristik produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013 (4) Harga, kualitas produk dan karakteristik produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Xiaomi pada mahasiswa Prodi Manajemen UNP Kediri Angkatan Tahun 2013
Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Karakteristik Produk, dan Keputusan Pembelian