Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Usus Ayam


Author (Penulis)

SEPTIAN BIMO SUSILO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0303

Abstract

ABSTRAK SEPTIAN BIMO SUSILO. 13.1.02.02.0303 : Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Usus Ayam “AL-ICHYA”. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian. Perusahaan tetap dapat bersaing di pasaran jika dalam mengeluarkan produk disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian mengkomunikasikan keunggulan produk kepada konsumen. Seorang konsumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk dapat di pengeruhi oleh beberapa faktor,diantaranya karena harga, kualitas produk dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Mengacu dari kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Usus Ayam”AL-ICHYA”’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk Keripik Usus Ayam “AL-ICHYA” secara parsial, (2) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Keripik Usus Ayam “AL-ICHYA” secara parsial, (3) Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Keripik Usus Ayam “AL-ICHYA” secara parsial. (4) Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Keripik Usus Ayam “AL-ICHYA”secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kasual (sebab-akibat) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dimana penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 0,210 dengan taraf signifikasi 0,001 < 0,05. (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 0,554 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05. (3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 0,255 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05. (4) Harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan terbukti dengan hasil dari uji f yang menyatakan bahwa uji f memiliki nilai taraf signifikasi sebesar 0,00 < 0,05. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan adanya harga yang sesuai dengan kualitas prouduk, kualitas produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan promosi yang dapat menjelaskan kehandalan produk, akan meningkatkan keputusan pembelian produk Keripik Usus Ayam “AL-ICHYA”, sehingga disimpulkan bahwa secara simultan harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI