PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, ATMOSFER TOKO, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RIA MART CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG PADA TAHUN 2017


Author (Penulis)

MOHAMMAD YUSUF AFFANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0295

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis ritel atau eceran saat ini sangat meningkat dilihat dari kebutuhan masyarakat dari tahun ke tahun. Hal ini membuat bisnis ritel mengalami perkembangan yang baik di Indonesia. Sehingga banyak muncul ratusan minimarket, ratusan minimarket tersebut termasuk Indomaret dan Alfamart yang banyak berdiri di daerah Tulungagung dan mendominasi bisnis ritel. Saat ini pertumbuhan bisnis ritel masih berkembang seperti Ria Mart yang berdiri pada tahun 2007 dan sampai sekarang masih bisa bertahan di dunia bisnis ritel ini Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Menganalisis kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart (2) Menganalisis atmosfer toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart (3) Menganalisis harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart (4) Menganalisis kualitas pelayanan, atmosfer toko dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kausal. Alat analisis yang digunakan Uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart pada tahun 2017 sebesar 4,234, (2) Atmosfer Toko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart pada tahun 2017 sebesar 2,910 (3) Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart pada tahun 2017 (4) Kualitas Pelayanan, Atmosfer Toko dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ria Mart pada tahun 2017 sebesar 120,110. Implikasinya adalah kualitas pelayanan yang baik, atmofer toko yang nyaman dan harga yang bersaing dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Saran untuk perusahaan adalah agar meningkatkan kualitas pelayanan, atmosfer toko dan harga karena berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI