PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA “CAFE BIMA” BANDUNG TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
UMI FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0291
Abstract
Kata kunci: kualitas produk, lokasi, harga, keputusan pembelian.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman penulis pada saat berkunjung ke lokasi, bahwa pada tempat yang diteliti mempunyai masalah-masalah yang menarik untuk diteliti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan kualitas produk, lokasi dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Dengan mengetahui permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk, lokasi dan harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian di “Cafe Bima” Bandung Tulungagung.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menyebarkan lembar kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, yang diukur menggunakan metode skala likert dengan subyek penelitian adalah pengunjung “Cafe Bima” Bandung Tulungagung yang berumur antara 17 tahun sampai umur 25 tahun.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kualitas produk, lokasi dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di “Cafe Bima” Bandung Tulungagung.
Dari hasil penelitian terdapat simpulan dari penelitian ini yaitu kualitas produk yang baik, dengan lokasi yang strategis serta lokasi parkir yang nyaman dan harga yang terjangkau dapat menciptakan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian menggunakan analisis Uji F (simultan) menunjukkan nilai sig = 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa kualitas produk, lokasi dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.