ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN IMPULSE BUYING PADA INDOMARET SANTREN KEDIRI


Author (Penulis)

ANANDA PUTRI PERDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0277

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam menciptakan impulse buying konsumen guna meningkatkan volume penjualan, maka perusahaan atau toko harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan impulse buying konsumen. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menciptakan impulse buying konsumen diantaranya adalah penerapan store atmosphere dan price discount, oleh karena itu dalam promosi nya perusahaan atau toko harus menyajikan store atmosphere dan price discount yang menarik untuk menstimulasi konsumen agar melakukan pembelian secara spontan (impulse buying). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis sejauh mana penerapan store atmophere dapat menyebabkan impulse buying konsumen pada Indomaret Santren kediri. (2) untuk menganalisis sejauh mana penerapan price discount dapat menyebabkan impulse buying konsumen pada Indomaret Santren kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu konsumen Indomaret Santren Kediri sebagai informan dan data sekunder yaitu data dari buku dan jurnal imiah tentang faktor-faktor penyebab impulse buying konsumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Temuan penelitian ini adalah (1) Store atmosphere, Indomaret telah menerapkan store atmosphere yang baik dan menarik di benak konsumen. Penerapan store atmosphere ini meliputi bagian exterior, general interior, store layout, dan interior (pop) display yang menarik dan memberikan suasana berbelanja yang menyenangkan sehingga dapat menstimulasi konsumen untuk melakukan impulse buying, namun dalam penerapannya masih terdapat elemen yang kurang yaitu storefront, scent dan themed setting. (2) Price discount, diskon yang diberikan oleh Indomaret juga memperoleh persepsi positif di benak konsumen, Indomaret memberikan banyak diskon dan promo yang menarik sehingga menarik konsumen untuk melakukan pembelian secara spontan (impulse buying). Kata Kunci: store atmosphere, price discount.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI