Analisis Efisiensi Waktu Layanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri dengan Multi Channel Single Phase


Author (Penulis)

LESTI MEDYNA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0275

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa banyak terjadi antrian panjang di Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar dan tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk empat dunia. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi salah satu instansi pemerintahan yang sering terjadi antrian panjang. Begitu pun dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri karena permintaan akan pelayanan penerbitan akta dan pembuatan e-KTP yang sangat tinggi di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan metode Multi Channel – Single Phase. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Probabilitas tidak ada individu dalam sistem (P0) sebanyak 0.021 atau 2.1%. Rata-rata loket sibuk (?) adalah sebesar 98.1%. Rata-rata jumlah masyarakat yang mengantri (Lq) sebanyak 50 orang. Rata-rata jumlah masyarakat yang menunggu dalam sistem (Ls) sebanyak 51 orang. Waktu rata-rata yang dihabiskan konsumen untuk menunggu dalam antrian (Wq) adalah 24 menit. Waktu rata-rata yang dihabiskan seorang konsumen dalam sistem (Ws) adalah 25 menit. (2) Simulasi dengan penambahan menjadi 2 loket lebih optimal, karena Probabilitas bahwa tidak ada konsumen dalam sistem (semua sistem menganggur) adalah semakin banyak penggunaan fasilitas pelayanan, maka semakin besar kemungkinan tidak adanya antrian yaitu menggunakan 2 fasilitas pelayanan adalah yang paling efektif. KATA KUNCI : Antrian, Muti Channel – Single Phase

Keyword

Antrian

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade