PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SATE AYAM PONOROGO MAS SONI WARUJAYENG


Author (Penulis)

M.IMAM NAWAWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0259

Abstract

Perkembangan ekonomi Indonesia di sektor jasa semakin meningkat. Hal ini terjadi karena pengusaha, baik dari dalam maupun luar negeri yang terus menerus melakukan kegiatan dalam mengembangkan usahanya di Indonesia. Banyaknya perusahaan dalam bidang kuliner, membuat pelanggan lebih teliti dalam memilih perusahaan yang memang benar-benar dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bukti fisik, kehandalan dan jaminan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Sate Ayam Ponorogo Mas Soni, (2) Untuk mengetahui bukti fisik, kehandalan, dan jaminan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Sate Ayam Ponorogo Mas Soni Warujayeng, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory dengan teknik pengambilan sampel incidental (kebetulan), dimana konsumen yang bertemu dengan peneliti dia lah yang akan menjadi responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas dengan software SPSS for windows versi 23.0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil uji t 2.798. Kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil uji t 4.086. Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil uji t 6.454. Berarti semakin meningkat kenyamanan terhadap Bukti fisik, Kehandalan, dan Jaminan secara simultan maka semakin meningkat juga kepuasan konsumen. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian disarankan bagi pemilik Sate Ayam Ponorogo untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan para konsumennnya, apabila kebutuhan dan keinginan dapat tercapai maka dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan maksimal. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menkaji lebih dalam variabel lain selain bukti fisik, kehandalan, dan jaminan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI