Pengaruh Atmosfir Toko, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Alief Kediri
Author (Penulis)
VEDA GALIH PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0255
Abstract
Abstrak
Veda Galih Pratama: Pengaruh Atmosfir Toko, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kpuasan Konsumen pada Toko Alief Kediri. Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017.
Kata Kunci : atmosfir toko, kelengkapan produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan di bidang bisnis ritel, khususnya toko swalayan yang ditandai dengan banyak bermunculan toko-toko swalayan dalam beberapa tahun belakangan ini. Penelitian ini dilakukan pada Toko Alief Kediri. Penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh secara parsial atmosfir toko, kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Alief Kediri. (2) Pengaruh signifikan secara simultan atmosfir toko, kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Alief Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini adalah deskriptif dan survey. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden, dengan menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F) dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 23 for windows.
Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Secara parsial atmosfir toko, kelengkapan produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Alief. (2) Secara simultan atmosfir toko, kelengkapan produk dan kualitas pelayanan berpengaruh poitif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Alief Kediri. Ketiga variabel ini berpengaruh sebesar 68,8% terhadap kepuasan konsumen dengan sisanya sebesar 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain.