Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Indosat Pada Mahasiswa UN PGRI Kediri
Author (Penulis)
RIDA WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0251
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis antar operator semakin ketat. Persaingan menjadi ketat karena adanya banyak produk dalam marketshare, konsumen semakin dimanjakan atas berbagai produk yang ada. Kunci perusahaan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah dengan citra merek dan kualitas produk yang baik dimata masyarakat dan di dukung dengan harga yang tepat dibenak konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1). apakah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri?. 2). apakah harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri?. 3). apakah citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri?. 4). apakah Kualitas produk, harga, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri?
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaiu dengan mengunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakulas Ekonomi UN PGRI Kediri. Penelitian ini menunakan sampel sebanyak 40 responden dan dianalisis mengunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for window versi 23.
Simpulan dari penelitian ini adalah 1). kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. 2). harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. 3). citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. 4). secara simultan kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Indosat pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri.
Kata Kunci : kualitas produk, harga, citra merek, keputusan pembelian