pengaruh pelayanan, lokasi usaha dan harga terhadap keputusan pembelian pada Swalayan
Author (Penulis)
LINDA NURMALASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0250
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keputusan pelanggan untuk mengunjungi pasar swalayan tertentu, berkaitan dengan pengambilan keputusan yang kompleks, yaitu pelanggan mengkaji bermacam-macam pasar swalayan tertentu yang bersifat rutin.Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang pelanggan menjadi loyal pada suatu perusahaan atau pasar swalayan antara lain lokasi pasar swalayan, pelayanan dan harga barang yang ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelayanan, lokasi usaha dan harga terhadap keputusan pembelian di Swalayan “Maya” Prambon Nganjuk baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan perdekatan kuantitatif dengan metode kausalitas (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini konsumen Swalayan “Maya” Prambon Nganjuk, sampel responden sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik accidental random sampling. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS Statistics 23.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 4.309. lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 3.736. harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 2.469. Hasil uji yang menyatakan F hitung (113.904)> F tabel (1.534) sehingga pelayanan, lokasi usaha dan harag secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Angka Adjusted R Square sebesar 0,852 menunjukkan bahwa 85,2% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh pelayanan, lokasi usaha dan harga. Sedangkan sisanya sebesar 14,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
KATA KUNCI :Pelayanan, Lokasi usaha, Harga, Keputusan pembelian.