PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA UNIT PELAYANAN CABANG (UPC) PEGADAIAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MOHAMAD MUSTAIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0249

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangnya jumlah nasabah yang menggunakan jasa UPC Pegadaian Mojoroto, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah, sehingga dapat menyebabkan kurang puasnya nasabah dalam menggunakan jasa tersebut. maka dari itu, harus segera ditanggulangi agar tidak menganggu pada proses pencapaian tujuan perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh secara parsial kualitas pelayanan, kepercayaan dan lokasi terhadap.kepuasan nasabah UPC Pegadaian Mojoroto Kota Kediri (2) Pengaruh secara simultan kualitas pelayanan, kepercayaan dan lokasi terhadap.kepuasan nasabah pada UPC Pegadaian Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 orang, tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik nonprobability sampling dengan teknik pengambilan accidental random sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji-t, uj-f, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 23 for Windows. Hasil uji-t secara parsial diperoleh t-hitung untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 2,075 dengan signifikansi 0,045 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05), kemudian untuk t-hitung untuk variabel kepercayaan sebesar 2,451 dengan signifikansi 0,019 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05), dan untuk t-hitung variabel lokasi sebesar 13,999 dengan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05). Untuk hasil uji simultan diperoleh F-hitung sebesar 73,036 dengan taraf signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan, dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada UPC Pegadaian Mojoroto Kota Kediri. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Lokasi, Kepuasan Nasabah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI