Pengaruh Celebrity Endorser, Gaya Hidup dan Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Smartfren Andromax di Kota Kediri


Author (Penulis)

AHMAD ROZA'IN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0245

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa perkembangan teknologi komunikasi dan teknologi informasi semakin mengalami kemajuan yang pesat. Inovasi teknologi menjadi salah satu kunci di dalam menarik konsumen yang tentu saja harus diimbangi dengan harga yang kompetitif. Tetapi ketika semua operator mengandalkan inovasi ini, maka kunci kemenangan tidak selalu ditentukan oleh teknologi. Tetapi, pemilihan celebrity endorser, media iklan sebagai promosi yang tepat dan kecerdasan manajemen dalam membuat strategi dan membaca pasar menjadi faktor penting, tidak hanya untuk menguasai pasar tetapi juga mempertahankan kelangsungan bisnis di industri telekomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian Smartphone Smartfren Andromax di kota Kediri. (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian Smartphone Smartfren Andromax di kota Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian Smartphone Smartfren Andromax di kota Kediri. (4) Untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, gaya hidup dan media iklan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Smartfren Andromax di kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan adalah (1) Celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (3) Media iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Celebrity endorser, gaya hidup dan media iklan secara simultan (berama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan niai Fhitung (23,696) > Ftabel (2,87). Secara parsial celebrity endorser lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Smartphone Smartfren Andromax di Kota Kediri. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menambahkan variabel yang lain atau merubah variabel bebasnya agar penelitian dapat bervariasi dan lebih signifikan selain celebrity endorser, gaya hidup dan media iklan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI