Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Pasta Gigi Pepsodent


Author (Penulis)

NURUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0238

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya kepedulian masyarakat mengenai kesehatan gigi. Peluang produk pasta gigi semakin besar seiring dengan kepedulian masyarakat tentang menyikat gigi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh signifikan secara parsial kesadaran merek terhadap keputusan pembelian ulang produk pasta gigi pepsodent? (2) Adakah pengaruh signifikan secara parsial persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian ulang produk pasta gigi pepsodent? (3) Adakah pengaruh signifikan secara parsial asosiasi merek terhadap keputusan pembelian ulang produk pasta gigi pepsodent? (4) Adakah pengaruh signifikan secara parsial loyalitas merek terhadap keputusan pembelian ulang produk pasta gigi pepsodent? (5) Adakah faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ulang produk pasta gigi pepsodent? (6) Adakah pengaruh signifikan secara simultan antara ekuitas merek dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang? Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan statistik SPSS for windows versi 23. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode penentuan sampel yaitu menggunakan non probability sampling, dengan mengambil tipe purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan teknik analisis data dengan menggunakan uji kuantitatif yang meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas pelanggan, secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. (2) variabel loyalitas merek terbukti paling berpengaruh dominan dari keempat variabel ekuitas merek. (3) ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas pelanggan, secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. KATA KUNCI : Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek,Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian Ulang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI