PENGARUH ATMOSFER TOKO, DISPLAY TOKO DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SAMU PACE
Author (Penulis)
SITI ALFIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0235
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa perkembangan ekonomi Indonesia di sektor ritel semakin meningkat. Hal ini terjadi karena pengusaha, baik dari dalam maupun dari luar negeri yang terus menerus melakukan kegiatan dalam mengembangkan usahanya di Indonesia. Selain itu, kegiatan belanja terutama di pasar modern kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Persaingan yang semakin meningkat menuntut para pelaku bisnis harus mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. Perusahaan harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Melihat kondisi persaingan yang semakin meningkat, setiap bisnis ritel perlu meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh atmosfer toko, display toko, dan kelengkapan produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Samu Pace? (2) Adakah pengaruh atmosfer toko, display toko, dan kelengkapan produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Toko Samu Pace?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan teknik kausal. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden dengan menggunkana teknik incidental sampling dan di analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) atmosfer toko, display toko dan kelengkapan produk secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) atmosfer toko, display toko dan kelengkapan produk secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.