Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toserba Amanah Kec. Bandung Kab. Tulungagung


Author (Penulis)

LIA FEFINOFIAL
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0230

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keberagaman produk, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian Toserba Amanah yang terletak di Desa Bandung, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung. Tingginya minat konsumen berbelanja di Toserba Amanah di tengah maraknya usaha ritel sejenis di daerah Kecamatan Bandung yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan observasi. Sampel yang dipilih secara non probability sampling yang menggunakan pendekatan accidental sampling, pendekatan tersebut mengambil respoden dari konsumen yang pernah membeli di Toserba Amanah. Sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi analisis instrument penelitian yang terdiri atas uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis yang meliputi uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yaitu keragaman produk,kualitas pelayanan, dan lokasi mempunyai pengaruh positif yang sejalan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa secara bersama ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,597 menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 59,7% keputusan pembelian sedangkan sisanya (100% - 59,7% = 41,3% atau 0,413) dijelasakan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini selain variabel keragaman produk, kualitas pelayanan, dan lokasi. KATA KUNCI : keberagaman produk, kualitas pelayanan, lokasi, keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI