Pengaruh merchandise, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko baju


Author (Penulis)

KIKI AGRISTYA DEWANDHINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0225

Abstract

ABSTRAK KIKI AGRISTYA DEWANDHINI: Pengaruh Merchandise, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Baju “Rindu Busana” Kata Kunci: merchandise, promosi, harga, dan keputusan pembelian Perubahan kondisi perekonomian Indonesia dengan konsep one stop shoping, yang memenuhi segala kebutuhan berbelanja di suatu tempat perbelanjaan, belakangan ini usaha pakaian semakin menjanjikan keuntungan yang besar, hal ini dapat dibuktikan melalui semakin banyaknya permintaan akan pakaian dan semakin banyak toko-toko pakaian khususnya di Trenggalek. Oleh karena itu, toko berinisiatif untuk memberikan merchandise yang lengkap, melakukan promosi dengan gencar melalui berbagai media massa dan menetapkan harga sesuai dengan kualitas dan terjangkau, dengan memperhatikan merchandise yang lengkap, bervariasi, melakukan promosi dengan gencar di berbagai media massa atau secara online, serta harga yang terjangkau dengan begitu akan mudah untuk mempengaruhi pelanggan untuk melakukan keputusan pembelian di Toko Rindu Busana di Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan merchandise, promosi, dan hargaberpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Rindu Busana di Trenggalek, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan serta apakah variabel bebas secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian pada Toko Rindu Busana di Trenggalek Sampel dalam penelitian yakni seluruh pelanggan yang membeli di Toko Rindu Busana Trenggalek sebanyak 60 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuisioner secara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yang menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merchandise berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t sebesar 0,028 < 0,05, promosi berpengaruh secara parsial terhadap kepurusan pembelian dengan hasil uji t sebesar 0,000 < 0,05, harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t sebesar 0,001< 0,05. Sedangkan secara simultan (serempak) merchandise, promosi, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai signifikan Uji F sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari tingkat signifikansi yaitu 0,05 atau 5% pada Toko Rindu Busana di Trenggalek.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI