Pengaruh Suasana Toko, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Princess Accesories Kota Kediri
Author (Penulis)
VINDA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0218
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini, usaha yang bergerak dalam bidang ritel yang sekarang ini sedang berkembang pesat di Indonesia, salah satunya speciallity store/produk spesifik yaitu toko ritel yang hanya menjual produk jenis lini tertentu yang bersifat spesifik, misalnya toko aksesoris yang sekarang ini mulai berkembang pesat dan peminatnya yang banyak di Kota Kediri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis suasana toko berpengaruh secara parsial signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh secara parsial signifikan terhadap keputusan pembelian, dan lokasi berpengaruh secara parsial signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko X di Kota Kediri, serta untuk menganalisis suasana toko, harga, dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Toko X di Kota Kediri.
Sampel Penelitian ini adalah seluruh pembeli yang melakukan pembelian di Toko X di Kota Kediri yang sebanyak 60 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner secara langsung kepada pembeli. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yang menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan software SPSS version 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa suasana toko secara signifikan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, hargasecara signifikan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, dan lokasi secara signifikan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Adapun variabel suasana toko, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan secara simultan (serempak) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko X di Kota Kediri.
KATA KUNCI :Suasana Toko, Harga, Lokasi, dan Keputusan pembelian