Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kelengkapan Produk dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada MPM Motor Pare
Author (Penulis)
DINDA ANGGRAENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0214
Abstract
ABSTRAK
DINDA ANGGRAENI : Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kelengkapan Produk dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer MPM Motor Pare.
Kata Kunci : komunikasi pemasaran, kelengkapan produk, fasilitas dan keputusan pembelian.
Saat ini industri otomotif seperti produk sepeda motor mengalami peningkatan yang sangat pesat dan menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu komunikasi pemasaran, kelengkapan produk dan fasilitas yang lengkap untuk menarik konsumen untuk membeli pada dealer MPM Motor Pare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran, kelengkapan produk dan fasilitas berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada dealer MPM Motor Pare.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian kausalitas. Populasinya adalah seluruh pembeli di Dealer MPM Motor Pare dengan mengambil sampel sejumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner atau angket yang dibagikan kepada responden secara langsung. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yang menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan ketiga variabel independen yaitu komunikasi pemasaran, kelengkapan produk dan fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan melalui uji F dapat diketahui bahwa secara bersamaan ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan komunikasi pemasaran, kelengkapan produk dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Dealer MPM Motor Pare.