PENGARUH POTONGAN HARGA, GARANSI DAN VARIASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA DEALER MPM MOTOR PARE


Author (Penulis)

ASIH RAHMATYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0213

Abstract

ABSTRAK ASIH RAHMATYA: Pengaruh Potongan Harga, Garansi dan Variasi Produk terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda pada Dealer MPM Motor Pare, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: potongan harga, garansi, variasi produk dan volume penjualan Saat ini industri otomotif seperti produk sepeda motor mengalami peningkatan yang sangat pesat dan menjadi gaya hidup masyarakat indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh volume penjualan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu potongan harga, garansi dan variasi produk yang lengkap dapat menarik minat beli konsumen pada dealer MPM Motor Pare. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potongan harga, garansi dan variasi produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan sepeda Motor Honda pada Dealer MPM Motor Pare. Penenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian kausalitas. Populasinya adalah seluruh pembeli yang ada di Dealer MPM Motor Pare dengan mengambil sampel sejumlah 40 responden. Sumber data didasarkan pada dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner/angket secara langsung kepada responden. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yang menggunakan analisis persamaan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan ketiga variabel independen yaitu potongan harga, garansi dan variasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan melalui uji F dapat diketahui bahwa secara bersamaan ketiga variabel tersebut mempengaruhi volume penjualan. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan (serempak) potongan harga, garansi dan variasi produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada Dealer MPM Motor Pare. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Potongan harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan sepeda motor Honda pada Dealer MPM Motor Pare. (2) Garansi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan sepeda motor Honda pada Dealer MPM Motor Pare. (3) Variasi produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan sepeda motor Honda pada Dealer MPM Motor Pare. (4) Potongan harga, garansi dan variasi produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap volume penjualan sepeda motor Honda pada Dealer MPM Motor Pare.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI