Pengaruh Bukti Fisik, Jaminan dan Empati Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel dan Resto Damar Mas Kediri
Author (Penulis)
ELLATIYA ANGGRAHENA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0206
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ekonomi dan industri jasa perhotelan di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan yang semakin meningkat. Berkembangnya hotel mulai dari kelas melati hingga bintang lima adalah sebagai reaksi atas berkembangnya permintaan pasar. Oleh karena itu masing-masing hotel perlu menigkatkan kepuasan para pelanggannya, dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bukti fisik, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan di Hotel dan Resto Damar Mas Kediri.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh bukti fisik terhadap kepuasan pelanggan Hotel dan Resto Damar Mas Kediri? (2) adakah pengaruh jaminan terhadap kepuasan pelanggan Hotel dan Resto Damar Mas Kediri? (3) adakah pengaruh empati terhadap kepuasan pelanggan Hotel dan Resto Damar Mas Kediri? (4) adakah pengaruh bukti fisik, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan Hotel dan Resto Damar Mas Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling, diambil sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah anilisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji nurmalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F).
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh yang signifikan antara bukti fisik dengan kepuasan pelanggan di Hotel dan Resto Damar Mas Kediri. (2) ada pengaruh yang signifikan antara jaminan dengan kepuasan pelanggan di Hotel dan Resto Damar Mas Kediri. (3) ada pengaruh yang signifikan antara empati dengan kepuasan pelanggan di Hotel dan Resto Damar Mas Kediri. (4) ada pengaruh yang signifikan antara bukti fisik (X1), jaminan (X2), dan empati (X3) degan kepuasan pelanggan di Hotel Resto Damar Mas Kediri.