PENGARUH BUKTI FISIK, KEHANDALAN DAN KETANGGAPAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SALON MAGANI DI DESA CERME KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
NUR LAILI FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0196
Abstract
Perkembangan ekonomi Indonesia di sektor jasa semakin meningkat. Hal ini terjadi karena pengusaha, baik dari dalam maupun luar negeri yang terus menerus melakukan kegiatan dalam mengembangkan usahanya di Indonesia. Banyaknya perusahaan dalam bidang perawatan rambut, membuat pelanggan lebih teliti dalam memilih perusahaan yang memang benar-benar dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Salon merupakan tempat untuk memotong rambut ataupun merubah gaya rambut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bukti fisik, kehandalan, dan ketanggapan terhadap kepuasan pelanggan pada Salon Magani di Desa Cerme Kabupaten Nganjuk.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis kausal. Populasi seluruh konsumen Salon Magani. Sumber data primer dengan mengambil sampel dari responden pelanggan pada Salon Magani di Desa Cerme dan data sekunder berupa studi pustaka. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan infinite, tidak dapat ditentukan jumlahnya serta dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari pengujian hipotesis melalui uji t bahwa bukti fisik, kehandalan dan ketanggapan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan melalui uji F dapat diketahui bahwa secara besama-sama ketiga variabel tersebut mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan bukti fisik, kehandalan dan ketanggapan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Salon Magani di Desa Cerme Kabupaten Nganjuk.