PENGARUH ATMOSFER TOKO, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI "DIYAN JAYA" PACE
Author (Penulis)
ARISCHA PURNAMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0195
Abstract
Semakin meningkatnya pertumbuhan dan persaingan bisnis ritel modern, berdampak padaa pola gaya hidup belanja pada masyarakat saat ini, karena masyarakat memiliki kecenderungan berbelanja di ritel modren dari pada di ritel tradisonal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui atmosfer toko, harga, dan kelengkapan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Diyan Jaya? (2) untuk mengetahui atmosfer toko, harga, dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko roti Diyan Jaya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 40 responden konsumen toko roti Diyan Jaya yang ada pada toko roti Diyan Jaya Pace dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for Windows versi 23.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Atmosfer Toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian toko roti Diyan Jaya, dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,129>2,021) dan nilai signifikansi sebesar 0,040<0,05; (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian toko roti Diyan Jaya, dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,116>2,021) dengan nilai signifikansi sebesar 0,041<0,05; (3) Kelengkapan Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian toko roti Diyan Jaya, dibuktikan dengan t hitung > t tabel (3,876>2,021) dan nilai signifikansi 0,000<0,05, (4) atmosfer toko, harga, dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian toko roti Diyan Jaya, hal ini dibuktikan dengan f hitung > f tabel (68,883>2,86) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.