Pengaruh Kualitas Produk, Kelengkapan Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Roti
Author (Penulis)
ELSA LINTANG PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0186
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi Pertumbuhan ekonomi saat ini tumbuh dengan pesat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu setiap tahun pertumbuhan ekonomi meningkat sedikit demi sedikit. Pada tahun ini pertumbuhan ekonomi meningkat sebanyak 5,1% yang telah diprediksi oleh presiden RI. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis apakah variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Toko Roti Yulia Bakery (2) Untuk menganalisis apakah variabel kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Toko Roti Yulia Bakery (3) Untuk menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Toko Roti Yulia Bakery (4) Untuk menganalisis apakah pengaruh variabel kualitas produk, variabel kelengkapan produk dan variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Toko Roti Yulia Bakery.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausal. Populasi pada penelitian ini adalah 40 konsumen yang melakukan pembelian di toko roti “Yulia Bakery”. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode analisis linier berganda dengan sofware SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kualitas produk secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-hitung -1.309 < 1.686 dan nilai sig. 0,0199 > 0,05 (2) kelengkapan produk secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-hitung 1.335 < 1.686 dan nilai sig. 0,0190 > 0,05 (3) kualitas produk secara parsial (individu) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-hitung 2.234 > 1.686 dan nilai sig. 0,032 < 0,05 (4) kualitas produk, kelengkapan produk, kualitas layanan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F-hitung 3.544 > 3.246 dan nilai sig. 0,024 > 0,05