PENGARUH INOVASI PRODUK, KINERJA PRODUK, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO DI ARIES MOTOR KOTA KEDIRI TAHUN 2016


Author (Penulis)

RICHI SETIAFANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0177

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yaitu banyaknya konsumen yang tertarik untuk melakukan pembelian produk honda vario dibandingkan dengan varian lain di Aries Motor Kediri. Konsumen lebih menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan pelengkap inovatif yang terbaik, di mana produk yang berkualitas adalah produk yang mampu memberikan hasil yang lebih dari yang diharapkan. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah inovasi produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario? Apakah kinerja produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario? Apakah loyalitas merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario? Apakah inovasi produk, kinerja produk dan loyalitas merek simultan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario? Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian model regresi untuk keseluruhan variabel menunjukkan F hitung = 15, 301 dengan signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0, 05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan variabel Inovasi Produk (X1), Kinerja Produk (X2) dan Loyalitas Produk (X3) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dinyatakan diterima. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, bahwa kinerja produk mempunyai pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian daripada inovasi produk dan loyalitas merek, oleh karena itu diharapkan pihak Honda lebih meningkatkan inovasi produknya dan meningkatkan hubungan dengan konsumen. Inovasi produk yang telah diterapkan oleh Honda memang sudah baik, namun sebaiknya lebih menghadirkann inovasi produk yang lain yang unik dan sulit untuk ditiru pesaing. Loyalitas merek Honda untuk saat ini sudah baik namun sebaiknya Honda lebih meningkatkan lagi hubungannya dengan konsumen agar konsumen dapat merasakan kepuasan dan kepercayaan terhadap produk honda terutama pada Honda Vario. KATA KUNCI : Inovasi Produk, Kinerja Produk, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI