PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN AYAM GEPREK SPESIAL SAMBAL KOREK CABANG KEDIRI


Author (Penulis)

MOHAMAD RIFAI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0173

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa semakin banyaknya rumah makan membuat persaingan antar provider sangat ketat. Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk memberikan rasa puas kepada pelanggan diantaranya dengan meningkatkan beberapa aspek baik seperti Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi. Sehingga semua aspek tersebut perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ayam Geprek Spesial Sambal Korek cabang Kediri baik secara parsial maupun simultan. Variabel yang digunakan adalah (1) kualitas pelayanan, (2) harga, (3) promosi, dan (4) kepuasan pelanggan. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan probability sampling. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden. Pendekatan dan Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan Software SPSS for windows versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y= 2,995 + 359X1 + 556X2 + 273X3 Nilai ? yaitu 2,995, artinya semua variabel bebas yaitu kualitas pelayanan, harga dan promosi mempunyai hubungan yang positif terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Regresi X1 0,349, Regresi X2 0,556, Regresi X3 0,273. Maka semua berpengaruh secara positif naik 1 (satuan) mengakibatkan peningkatan terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (2) harga secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan (4) kualitas pelayanan, harga dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ayam Geprek Spesial Sambal Korek cabang Kediri. KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI