Strategi Pengembangan Usaha Makanan Ringan dalam Rangka Meningkatkan Omzet Penjualan Berbasis Matriks SWOT (Studi Kasus pada UD. Sejahtera Food di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung)


Author (Penulis)

FRYSKA MAIKE ADHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0172

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pengusaha kecil yang dalam menjalankan bisnisnya tidak menerapkan strategi penjualan yang sistematis. Sehingga pengusaha perlu mengenali kekuatan dan kelemahan usaha serta mengetahui peluang serta ancaman yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha. Dengan mengevaluasi faktor internal dan eksternal perusahaan, akan sangat membantu perusahaan dalam mengenali diri, serta dapat digunakan untuk menyusun strategi untuk meningkatkan omzet penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan yang akan digunakan untuk membuat strategi pengembangan usaha guna meningkatkan omzet penjualan “UD. Sejahtera Food”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini tidak memerlukan besarnya populasi atau sampel. Pada penelitian ini lebih ditekankan persoalan ke dalam (kualitas) dan bukan banyaknya (kuantitas) data. Kesimpulan dari penelitian “UD. Sejahtera Food” berada pada kuadran I (satu) yaitu pada posisi Growth (pertumbuhan). Dengan hasil skor kekuatan 2.14, kelemahan 1.80, peluang 2.27 dan ancaman 1.75. Pada posisi ini “UD. Sejahtera Food” dapat meningkatkan omzet penjualan dengan cara meningkatkan pemasaran dan meningkatkan jumlah produksi menggunakan teknologi yang sudah ada.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI