PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PUSAT KERAJINAN MARMER (KHOLIS MARMER) TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
SINTA DEWI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0171
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan industri yang semakin ketat sehingga menuntut produsen untuk lebih peka, kritis, dan reaktif terhadap perubahan dalam bisnisnya. Pada dasarnya dengan semakin banyaknya pesaing, maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk memilih produk yang sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. Sehingga pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar dalam menghadapi setiap produk yang dijual di pasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung (2) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung (3) menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung (4) menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausalitas. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara serta kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah infinite yang berarti tidak terbatas, sedangakan sampel yang diambil sebanyak 40 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara parsial maupun secara simultan harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa harga yang sesuai dengan kualitas produk, kualitas produk yang baik, serta promosi yang menarik dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Dan diharapkan penelitian selajutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang faktor-faktor lain selain harga, kualitas produk, dan promosi, yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian