PENGARUH KUALITAS PRODUK, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG KEDIRI


Author (Penulis)

ANGGA PUTRA BASTIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0168

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya perkembangan jaringan kantor maupun jumlah nasabah pada Bank Umum Syariah, mengakibatkan terjadinya persaingan yang kompetitif diantara perbankan syariah. PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri sebagai salah satu bank yang melaksanakan kegiatan usaha berbasis syariah, dalam menghimpun dana dari masyarakat dituntut untuk meningkatkan kualitas produk, komunikasi interpersonal, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri (2) menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri (3) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri (4) menganalisis pengaruh kualitas produk, komunikasi interpersonal, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara serta kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri, sedangakan sampel yang diambil sebanyak 75 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri (2) Komunikasi interpersonal berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri. (4) Kualitas produk, komunikasi interpersonal, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kediri. Hasil penelitian ini diharapkan pihak PT Bank BNI Syariah dapat meningkatkan loyalitas nasabah dengan memperhatikan kualitas produk, komunikasi interpersonal dan kualitas pelayanan yang diberikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI