Pengaruh Kualitas Pelayanan, Atmosfer Toko, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk
Author (Penulis)
DYAH AYU RETNONINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0162
Abstract
Dyah Ayu Retnoningtyas: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Atmosfer Toko, dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: kualitas pelayanan, atmosfer toko, kelengkapan produk, kepuasan konsumen
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dunia usaha yang bersaing di pasaran menjadi sangat banyak, sehingga konsumen memiliki ragam pilihan dan alternatif barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya serta berhak memilih sesuai dengan keinginan konsumen. Agar perusahaan dapat membuat konsumen merasa puas seperti yang diinginkan konsumen, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu kualitas pelayanan, atmosfer toko, dan kelengkapan produk.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk (2) menganalisis pengaruh atmosfer toko terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk (3) menganalisis pengaruh kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk (4) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, atmosfer toko, dan kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah infinite yang berarti tidak terbatas jumlahnya, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 40 responden dengan metode Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan Software SPSS for windows versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk, (2) atmosfer toko berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk, (3) kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk, dan (4) kualitas pelayanan, atmosfer toko, dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk. Dan diharapkan penelitian selajutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang faktor-faktor lain selain kualitas pelayanan, atmosfer toko, dan kelengkapan produk yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen.