PENGARUH IKLAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU TETES BIO HSA DI KANDAT KAB.KEDIRI
Author (Penulis)
MOH.MISBAKHUS SURURI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.02.02.0157
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya bermunculan jamu-jamu tetes dalam botol dengan berbagai merek, jenis dan varian.. Dengan adanya persaingan yang begitu ketat perusahaan jamu tetes dituntut untuk mampu mempertahankan posisinya atau menggeser kompetitor lainnya dalam menguasai pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan, harga, dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian jamu tetes Bio Hsa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.
Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa ketiga faktor yaitu Iklan, harga, dan kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu tetes Bio Hsa.Dapat dibuktikan dengan variabel iklan (X1) berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung 7,519 > ttabel 0.684 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Harga (X2) berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung 5,870 > ttabel 0.684 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kualitas produk (X3) berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung 3,078 > ttabel 0.684 dan signifikan sebesar 0,004 < 0,05. iklan, harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung> Ftabel dengan nilai 129,080> 2,87 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Jamu tetes Bio Hsa harus memperhatikan faktor iklan, harga, dan kualitas produk karena faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian.