PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUPERMI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UN PRGI KEDIRI


Author (Penulis)

YUNIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.02.02.0150

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dimana suatu segmen pasar yang dimiliki oleh perusahaan dapat menyebar luas, keadaan ini mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin kuat. Supermi saat ini mengalami tergser orientasi pasar dengan munculnya mie instan merek lain. Oleh karena itu bagaimana Supermi bisa tetap bertahan dalam segmen pasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemebelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (4) Brand image, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Dalam penelitian ini data diperoleh dari penyebaran angket (kuisioner) dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden dan sampel sebanyak 40 responden. Alat uji yang digunakan dalam uji ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 3,116+0,688X1 +0,093X2+0,300X3 dengan software SPSS versi 23. Kesimpulan hasil penilitian adalah (1) Ada pengaruh brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (2) Ada pengaruh harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (3) Ada pengaruh promosi berpengaruh secara parsial signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (4) Ada pengaruh brand image, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Supermi pada mahasiswa UN PGRI Kediri. Hal ini berarti perusahaan dituntut untuk membuat produk yang inovatif dan meningkatkan keputusan pembelian. KATA KUNCI : Brand Image, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI